Highway Art Competition Klan

Halo Invaders, CMNP Mural competition 2019 resmi berakhir, acara yang digelar selama 3 hari dari mulai 26-28 Juli ini sukses menghiasi puluhan tiang jalan tol Ir.Wiyoto Wiyono, Cempaka Putih Jakarta. Dari puluhan pendaftar yang masuk, Acara ini akhirnya diikuti oleh 28 tim dari sejumlah daerah di Indonesia yang berhasil masuk tahap kurasi terlebih dahulu. Dengan tema dan konsep yang matang, seluruh peserta menunjukkan kreatifitas mereka di tiang jalan yang sudah disediakan oleh panitia.

Seletah melewati beberapa proses penilaian, akhirnya 3 tim ditetapkan sebagai yang terbaik dalam kompetisi mural tersebut. Tim “Make it simple” (MIS) yang berasal dari Jakarta berhasil menjadi juara 1, di tempat ke-2 ada Mulyono Gunarso, Muralis asal Yogyakarta, dan yang terakhir Alpha Maze alumni dari IKJ berhasil mendapatkan juara ke 3. Ketiga tim berhasil menjadi Juara setelah mendapatkan skor dari juri yang dikawal oleh Adi Dharma “Stereoflow”, Feisal Hamka dari Glitch Art Management, dan Ones, salah satu Perupa yang sudah lama bergelut di dunia Street Art. Permainan warna, komposisi karya, detail karya serta Kemampuan peserta menjadi kunci dari proses penilaian dan pemilihan 3 karya terbaik yang menjadi Juara dalam kompetisi ini.

Kita Bersatu (We Unite) menjadi tema dari kompetisi yang digelar oleh CMNP pada kompetisi mural tahun kedua ini. “Ketiga juri memberikan nilai tertinggi kepada MIS karena karyanya menggambarkan tema persatuan dengan detail gambar dan tingkat kesulitan yang tinggi.” Ujar Feisal Hamka sebagai perwakilan dari tim juri. “Selain itu karya yang digambarkan unik dengan menonjolkan karakter wanita dari suku Dayak namun menggunakan aksesoris asal Bali, serta pria asal Papua yang menggunakan aksesoris asal Jawa”, Lanjut Feisal.

CMNP Mural Competition 2019 ini merupakan rangkayan perayaan ulang tahun PT. Citra Marga Nusaphala Persada tbk (CMNP) ke-32 Tahun, sekaligus menyambut HUT kemerdekaan RI yang ke-74. Kegiatan ini juga didukung oleh Propan sebagai penyedia cat dan perlengkapannya, Podjok halal, Bank BRI, Bank Mega Bank Capital, serta beberapa media partner yang berkontribusi untuk acara ini.

Closing Ceremony serta pengumuman pemenang kompetisi mural bertajuk Highway Art Competition Klan (HACK) ini dilaksanakan di gedung Citra Marga – Jakarta Pusat pada Senin sore (29/072019). Semua peserta dan elemen yang terlibat dalam acara ini ikut hadir dan bersama-sama merayakan penutupan acara ini.

Keren acaranya, mudah-mudahan bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya yaa, agar semakin banyak Street artist yang bisa ikut serta dan bersama-sama ikut menghiasi beberapa bagian sudut kota, sekaligus menyadarkan orang-orang tentang keindahan Street Art sebagai bagaian dari karya seni yang bisa diterima oleh masyarakat.