SAMSEVEN

Home » SAMSEVEN

SAMSEVEN

Hello Invaders,

Kali ini, kita mau kenalin salah satu graffiti writer & Illustrator kelahiran Garut yang sekarang berdomisili di Jakarta, dia mulai kenal graffiti sejak SD. Lewat konsistensinya, dia berusaha memperkenalkan wildstyle graffiti dengan konsep yang berbeda. Banyak graffiti writer yang menjadi inspirasinya seperti Daim, Peeta, Sofles, Does, Ewok dll. Langsung aja yuk liat mini interview kita sama dia…

Nama asli lo? Kalau boleh tau

Galuh Raga Nandika

Tempat tinggal kamu sekarang?

Asli Garut, Cuma sekarang tinggal di Jakarta Selatan.

Kegiatan sehari-hari diluar status lo sebagai graffiti writer?

Graphic Designer & Video Creator

Sejak kapan & kenapa bisa tertarik sama Graffiti?

Sebenernya sejak SD udah buat sketsa graffiti, tapi dulu  belum tau itu namanya graffiti. Mulai terjun ke dunia street art pas SMA, tahun 2009.
Awalnya sih ikutan lomba di Pensi sekolah lain, buat dapetin hadiah. Buat keren-kerenan aja hehe, tapi setelah itu malah banyak kenalan dan banyak temen.

Siapa orang pertama yang ngenalin graffiti sama lo?

Temen satu sekolah. Dia dulunya pernah gambar juga, tapi sekarang gak tau kemana haha

Siapa sih street artist yang banyak menginspirasi karya-karya lo?

Banyak sih, street artist luar maupun lokal juga.
Street artist luarnya: Daim, Peeta, Sofles, Does, Ewok, Miesone, Madc, Densoner, Made514 dll.

Street artist lokalnya: GIMSociety, FAB Family, Gembel Urban, Artcoholic. Gw sebutin nama crew nya aja karena terlalu banyak yang menginspirasi.

Apa nama/Nick yang biasa dipake buat nandain karya-karya lo?

SAM7 | SAMSEVEN

Kenapa lo pakai nama itu? Apa ada historynya?

Karena dulu ikut komunitas motor (gausah disebut namanya hehe), jadi gini ceritanya…. Waktu itu gw lagi sering-seringnya berantem, terus suka digebukin orang. Sedih banget dah pokonya (-_-)

Tp teman2 gw pada bingung kok badan gw ga lecet sama sekali. Nah dari sana ada salah satu teman nyeletuk, lu kaya si Samson. Yg kuat itu loh di film jaman dulu.

Haha kan ga keren ya Samson, jadi gw modif aja tuh son.nya jadi 7.

Angka 7 bagus kalo di sepakbola. Selalu jadi pemain andalan. hehe

Lo punya crew atau biasa gambar sendirian?

Gw punya crew, GIMSociety dan Garut City Writers.

Gambar sendirian dan gambar bareng crew lain juga suka sih.

Kenapa bisa survive sampe sekarang di skena ini?

Yang tadi gw bilang, dengan graffiti itu selain berkarya, tetapi menambah teman juga. Terus ditambah pekerjaan yang sekarang gw jalanin juga masih nyambung-nyambung lah. Dan gw berfikiran skena ini akan berkembang dan bermanfaat di masa yang akan datang. Liat aja entar! wkwkwk

Menurut lo, graffiti lebih cocok disebut sebagai karya seni atau vandalisme?

Karya seni kalo ditempatin di tempat yang bener, vandalisme kalo ditempatin di tempatyang salah. Tapi kalo gw pribadi sih bodo amat mau itu disebut karya seni atau vandalisme, yang penting gw senang ngelakuin hal itu. Dan kalo itu menurut gw bagus, yaudah kelar gitu, Bodo amat sama omongan orang lain.

Pengalaman paling kocak selama lo kenal sama graffiti?

Ketemu cewek cantik, tattoan, suka gambar juga, sampe pernah jalan bareng. Taunya udah punya suami. wkwkwk

Kalo dikasih kesempatan buat gambar di negara lain, dimana lo pengen gambar? Kenapa?

Di negara-negara street artist yang jadi inspirasi gw, bahkan mungkin bisa gambar sebelahan atau berkolaborasi dengan mereka.

Warna yang paling lo suka? Kenapa?

Warna apa aja, yang penting ada warna hitam. Karena menurut gw warna hitam itu kunci dari gradasi untuk membuat karya 3D.

Bisa ceritain sedikit tentang diri lo dan perjalanan karya lo sebagai graffiti writer?

Apa yaa… Mungkin lebih ke karya yang dibawain sampe sekarang kali ya.
Jadi karya yang gw bawain sampe sekarang (Font 3d Wildstyle). Tapi gak menutup kemungkinan nantinya akan dieksplor dengan menambahkan karakter, pattern atau apapun itu. Intinya sih sampe sekarang tetap konsisten membuat karya dan membuat konten di sosial media. Baik itu foto maupun video.

Apa sih sebenernya target yang ingin dicapai lewat karya lo?

Sebenarnya sih awal mulai gambar niatnya Cuma buat seneng-seneng aja.
Tapi kalo ditanya target, ya ada sih keinginan gw dari dulu yang belum kesampean. Pengen solo exhibition, nunjukin karya-karya gw agar bisa dinikmati banyak orang.
Setelah itu menjual karya, bukan jasa yaa… Intinya sih gw pengen ngebuktiin bahwa lewat graffiti orang juga bisa sukses & dikenal! Aamiin…

Selain bikin graffiti, hobi apalagi yang lo suka?

Videography, photography, nonton, main game dan pacaran kalo lagi ada yang mau… hehe

Dari mana biasanya inspirasi datang?

Dari internet, sosial media dan temen-temen sekitar.

Terakhir nih, gimana perkembangan street art di Indonesia sekarang menurut lo? Boleh minta saran untuk yang baru mau belajar gambar dijalan?

Menurut gw perkembangan street art di Indonesia lagi berkembang pesat. Banyak sekali street artist baru yang bermunculan dengan skillnya yang gila-gila.
Mungkin yang tadinya street art atau graffiti dipandang sebelah mata oleh masyarakat, sekarang lambat laun masyarakat mulai menerima dengan adanya street art atau graffiti ini. Tinggal dikembangin lagi ke ranah yang lebih besar, misalkan bekerjasama dengan brand-brand besar agar memakai karya street art Indonesia. Atau apapun itu. Intinya sih supaya memotivasi kita agar lebih baik lagi.

Dan saran gw untuk teman2 yang baru mau belajar, “Sambil menabung buat beli kaleng” Mulai aja dari membuat sketsa di kertas. Lakuin itu setiap hari dan banyakin referensi, sampe nemuin style yg cocok dengan diri kalian masing-masing. Liat youtube atau IG banyak juga kok tutorial & konten tentang graffiti. Lumayan lama emang nemu ciri khas / style sendiri, bisa bertahun-tahun. Jadi gak apa-apa sebenarnya klo diawal kita masih copycat. Dan kalo bisa copycatnya jangan cuman dari satu street artist, banyakin aja dan gabungin menjadi satu. Kembangin lagi.

Well, thank you sudah berbagi pengalamannya, ditunggu karya-karya terbarunya SAM7!!!

Scroll to Top
WhatsApp chat