SKENAR 73

Home » SKENAR 73

SKENAR 73

Halo invaders,

Minggu ini kita mau berbagi story / chit-chat dengan salah satu graffiti writer asal Germany, sebagian dari kalian pasti udah sering liat karyanya yang clean banget sampe susah dibedain mana karya digital & mana karyanya yang dia bikin di jalanan. selain itu, ternyata diem-diem dia ngebet banget loh pengen maen ke Indonesia. biar gak penasaran kita baca aja hasil chit-chatnya yuk…

Dari Negara mana kamu berasal?

Saya berasal dari Jerman, tepatnya dari Kota Berlin.

Kamu punya crew atau biasa menggambar sendirian?

Saya bergabung dengan tiga kru yang berbeda. The Buddys, OSK dan SBB (SuperBadBoys).

Sudah berapa lama kamu menggambar di jalan?

Seingat saya sudah lumayan lama, saya serius menggambar sejak tahun 2006 menggunakan cat semprot.

Siapa orang pertama yang mengajak kamu untuk membuat grafiti?

Awal mula saya mengenal grafiti karena saya diajak oleh sepupu saya sendiri, dia adalah seorang graffiti writer yang sudah eksist dari tahun 90-an. Dia menunjukkan sketsa karyanya di blackbook miliknya dan saya benar-benar terkesan dengan huruf dan karakter wildstyle yang dia tunjukkan di setiap karyanya. Seingat saya itu terjadi pada tahun 1998. Sekitar tahun 2002 beberapa teman skateboard saya yang berumur lebih tua juga mulai membuat graffiti, suatu malam saya dan sahabat saya mengikuti mereka untuk menggambar, setelah itu kami mulai melakukan kegiatan serupa. Saya tidak menggambar lagi di jalanan Berlin, terlalu banyak masalah jika terus melakukannya disana “you know what I mean”. Kadang-kadang ketika saya bepergian ke negara lain saya menggambar beberapa sudut jalan.

Apa nama/Nick yang biasa kamu pakai di Jalan untuk menandai karya-karya kamu? Kenapa kamu pakai nama tersebut? Apa ada historynya?

Awalnya saya mulai menulis nama SCENAR, tetapi setelah beberapa lama, saya mengubah sedikit namanya karena saya lebih suka menulis K daripada C, jadi saya mengubah SCENAR menjadi SKENAR. Sebenarnya Saya lebih sering menulis ZKEN / SKEN atau hanya satu atau dua huruf nama saya.

Kenapa bisa survive sampai sekarang di skena ini? Apa tujuan akhir kamu?

Graffiti adalah hidup saya sejak bertahun-tahun, itu adalah pekerjaan saya, hasrat dan obsesi saya. Sebagian besar teman baik saya adalah graffiti writer. Graffiti adalah cara saya untuk hidup dan mengekspresikan diri.

Style seperti apa yang kamu tunjukkan saat membuat graffiti?

bersih, grafis dan minimalis

Menurut kamu, graffiti itu karya seni atau vandalisme?

Graffiti bisa menjadi apapun, bisa karya seni atau vandalisme. Graffiti memiliki banyak arti berbeda karena setiap orang pasti mempunyai pendapatnya sendiri tentang ini..

Apa yang ingin kamu dapatkan dan sasaran dari melakukan Graffiti?

Menggambar di tembok yang lebih besar, bertemu writer / seniman baru dari seluruh dunia, melihat lebih banyak negara baru dan menemukan galeri untuk menunjukkan karya-karya baru saya di studio kepada orang-orang.

Warna yang paling kamu suka? Kenapa?

Saya belum punya satu warna favorit saat ini, saya suka lebih banyak skema warna warna dari tahun 70-an dengan kontras rendah dan saturasi rendah.

Siapa penulis grafiti favorit kamu sepanjang masa?

Ada lebih dari satu, contohnya RAGE / RACHE, PANTONE, DEMKSY, DARE, DAIM, PREY, DOES dan masih banyak lagi.

Bisa ceritakan sedikit tentang diri kamu dan perjalanan karyamu sebagai Graffiti artist?

Saya lahir dan tumbuh besar di Berlin Timur. Saya belajar teknologi cetak dan media di berlin dan meraih gelar sarjana saya 3 tahun yang lalu. Pada saat itu, di tahun 2015 saya mendirikan creative agency bersama rekan saya RIOT1394, yang kami beri nama FRAMELESS-STUDIO. Kami bekerja untuk perusahaan lain, membuat mural, ilustrasi, desain grafis, dan menerbitkan buku-buku kami sendiri (RIOT1394-WORLD, UNSEEN PIECES dll.). Kami adalah tim yang sangat solid dan kami saling membantu satu sama lain dalam setiap kegiatan. Jadi saya bisa menjadi seorang seniman dan menghasilkan cukup uang untuk membayar tagihan saya, tapi tujuannya bukan untuk menjadi kaya.

Selain graffiti, hobi apalagi yang kamu suka?

Traveling dan photography

Kalo kamu dikasih kesempatan buat gambar di negara lain, dimana kamu pengen gambar? Kenapa?

Indonesia. Saya memiliki rencana untuk melakukan perjalanan pada awal tahun 2019 ke Indonesia, tetapi kami memiliki beberapa masalah. Jadi kami harus membatalkan perjalanan ini, sangat menyedihkan. Tapi Indonesia masih menjadi tujuan utama saya dalam daftar trip. Saya hanya mendengar hal-hal baik tentang Indonesia dari teman-teman saya. Saya pikir Indonesia memiliki tempat-tempat keren dan orang-orang yang hebat. Sepertinya akan banyak hal menarik yang bisa saya ditemukan disana.

Bagai mana tanggapan kamu tentang wabah covid-19? apakah itu mempengaruhi kegiatan kamu?

Bagi saya ini bukan masalah besar, karena saya lebih sering menggambar di daerah terlantar / sepi yang berada di luar kota Berlin. Saya memiliki rencana untuk mengunjungi indonesia pada bulan Mei tahun 2020 ini dengan istri saya, tetapi karena penerbangan ditutup dan tidak jelas, semuanya harus dibatalkan 😔

Sebutkan salah satu seniman jalanan Indonesia. adakah yang kamu kenal?

sebenarnya belum ada, tapi saya berharap ketika saya datang ke Indonesia saya bisa bertemu banyak teman disana untuk menggambar bersama.

Terakhir, boleh minta saran untuk temen2 yang baru mau belajar gambar dijalan?

Berkaryalah untuk kamu sendiri, bukan untuk orang lain dan kembangkan gayamu sendiri.

Terima kasih kepada Invaderwalls team untuk chit-chat singkat ini dan salam kepada semua teman dan kru saya! Cheers… Skenar73 🙂

Scroll to Top
WhatsApp chat